Obat Herbal Untuk Maag (grastitis/radang lambung)

4.5
Seperti postingan berlabel kesehatan blog cikrik dekick | buwel lainnya yang mana bilapun mengepostkan yang berlabelkan ini tentu ada latar belakangnya. Dan Latar belakang daripada Postingan Obat Herbal Untuk Mengatasi Maag atau Grastitis atau Radang Lambung adalah kemarin kemarin temen buwel terkena penyakit ini.

Klise memang, dari dulu sehat dan sakit tentu lumrah dan wajar adanya, namun ada baiknya tentu usaha dan ikhtiar bila ingin tetep sehat dan tak ingin sakit, karena meski sakit dan sehat sudah ditakdirkan dan ikhtiar kitapun pastinya sudah ditakdirkan pula, namun dengan ikhtiar yang benar itulah nilai sebagai manusianya kelihatan.

Pun postingan inipun sudah ada lebih dulu di situs2 internet tetangga, namun sebagai arsip saja dionlinekan saja dicikrik tentang OBAT HERBAL mengatasi Maag atau Grastitis atau Radang Lambung ini.

Mari...

Mencegah dan Mengatasi Mag Atau Radang Lambung Atau Grastitis bi Herbal :

Lambung adalah salah satu bagian dari alat pencernaan, merupakan organ berotot yang berongga dan mempunyai dua lubang, yatu satu lubang berupa pintu masuk dari esofagus dan satu lagi merupakan pintu keluar menuju usus kecil. Fungsi lambung antara lain yaitu untuk menyimpan makanan untuk sementara, mencampur dan membantu mencerna makanan dengan bantuan sekresi-sekresi lambung dan asam hidroklorida, dan mengkontraksi makanan ke dalam usus kecil.

Radang lambung, atau gastritis, atau lebih dikenal juga dengan penyakit maag merupakan suatu gangguan pencernaan yang umum terjadi. Pada penyakit ini terjadi suatu iritasi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga menjadi merah, bengkak, berdarah dan luka. Radang lambung dapat berupa serangan akut atau gangguan kronis. Serangan akut terjadi mendadak misalnya setelah minum alkohol, kopi, makanan berbumbu banyak atau yang susah dicerna.

Pada umumnya radang lambung dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini :

- Terlalu banyak makanan yang mengiritasi lambung, seperti yang pedas, asam, minuman beralkohol, obat-obatan seperti aspirin (dosis tinggi), kortison, kafein, kortikosteroid.
- adanya stress dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang.
- Adanya asam lambung yang berlebihan.
- Waktu makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, atau makan berlebihan
- Tertelannya substansi/zat yang korosif, seperti alkali, asam kuat, cairan pembersih kimiawi, dan lain-lain.
- Infeksi bakteri


Gejala dari penyakit radang lambung umumnya, yaitu :

* Mual dan sering muntah agak asam. Pada kondisi berat lambung mungkin dapat mengelupas sehingga mengakibatkan muntah darah
* perut terasa nyeri, pedih, kembung dan sesak (sebah) pada bagian atas perut.
* Napsu makan menurun drastis, wajah pucat, keringat dingin, pusing.
* Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar
* Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati).
* Pada radang lambung kronis gejala yang ditunjukan lebih ringan, seringkali gejala menjadi samar, seperti tidak toleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yang akan hilang setelah makan.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah radang lambung, antara lain :

- konsumsi makanan yang lunak/lembut.
- Hindari makanan yang mengiritasi lambung, seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin.
- jangan terlambat makan atau makan berlebihan,
- makan sedikit-sedikit tapi sering
- Usahakan buang air besar secara teratur
- Mengatasi Gangguan Lambung dengan Herbal/Tanaman Obat
- Obat-obat gangguan lambung yang dijual bebas di warung biasanya bersifat antacid yaitu menurunkan keasaman cairan di lambung dengan cara menaikan pH, sehingga untuk sementara gejala sakit akan hilang. Namun kesembuhan tersebut bersifat sementara karena lambung masih lemah akibat erosi, serta belum seimbangnya produksi kelenjar-kelenjar lambung.

Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan lambung ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.

Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk pengobatan gangguan lambung, diantaranya yaitu :

1.TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)
Khasiat: antiradang, antibakteri, memperbaiki pencernaan, melancarkan produksi empedu sehingga melancarkan pencernaan makanan di lambung & mengurangi gas perut.
Dosis : 30 gram rimpang direbus, airnya diminum.

2.KUNYIT (Curcuma domestica Val.)
Khasiat /efek ; antiradang, antibakteri, memperlancar pengeluaran empedu sehingga mengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut.
Dosis : 10-25 gram rimpang kunyit, direbus, airnya diminum.

3.KENCUR (Kaempferia galanga L.)
Khasiat : antiradang, mengurangi perut kembung, mual, muntah, nyeri, dan sebagai penghangat badan.
Dosis : 10-25 gram rimpang kencur, direbus, airnya diminum.

4. KAPULAGA (Amomum cardamomum)
Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.
Dosis : 3-5 buah direbus, airnya diminum.

5. DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.)
Khasiat : antiradang, menguatkan lambung.
Dosis : 10-15 gram kering atau 90-100 gram segar daun yang telah dikupas kulitnya, direbus, diminum.

6. SAMBILOTO (Andrographis paniculata)
Khasiat/efek : antiradang, menghilangkan sakit, menghilangkan bengkak
Dosis : 9 -15 gram sambiloto kering, direbus, airnya diminum.

7. KULIT JERUK MANDARIN (Citrus nobilis)
Khasiat : untuk radang lambung, melancarkan pencernaan, kembung, mual, muntah.
Dosis : 3-10 gram kering, direbus, airnya diminum.

8. SEREH (Andropogon citratus)
Khasiat : untuk nyeri lambung, perut kebung, mual, dmn muntah.
Dosis : 5-15 gram direbus, airnya diminum.

9. ADAS (Foeniculum vulgare)
Khasiat : untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual, kembung.
Dosis : 1-5 gram kering, direbus, airnya diminum.

Berikut contoh resep/ramuan herbal untuk mengatasi radang lambung :
- 30 gram temu lawak + 25 gram kencur + 20 gram kunyit + 7 gram kulit jeruk mandari kering + 80 gram daun lidah buaya (dikupas kulitnya) + 1 sendok teh adas + 5 butir kapulaga, semua bahan dicuci, temu lawak, kencur dan kunyit dipotong-potong, lalu semuanya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum. Ampasnya dapat direbus untuk 1 kali perebusan kembali pada sore harinya. Lakukan secara teratur.

catatan : untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel atau panci kaca/pyrex


Sumber : Hembing, http://www.indospiritual.com/artikel_mencegah---mengatasi-radang-lambung-dengan-herbal.html
tag : obat herbal untuk maag radang lambung grastitis

achen afif

Obat Herbal Untuk Maag (grastitis/radang lambung) dengan Url http://cah-cikrik.blogspot.com/2010/08/obat-herbal-untuk-maag-grastitisradang.html by achen afif . Terimakasih atas kunjungannya serta kesediaan untuk membacanya. Kritik dan saran dapat disampaikan melalui kotak komentar. Mohon maaf bila belum sempat berkunjung balik.

:: Get this widget ! ::

23 responses:

  • nuansa pena says:
    2 Agustus 2010 14.31

    Artikel kesehatan seperti ini yang saya sukai, trims sobat! Walaupun cabai mahal aku tetap setia menikmatinya! Lambungku kuatkanlah dirimu!

  • aura pelupa says:
    2 Agustus 2010 14.33

    Daun binahong dan atau daun sirih merah juga bagus untuk lambung!

  • rizal says:
    2 Agustus 2010 14.43

    kebetulan mas sekarang saya lagi maag, nggak tahan suka masuk angin jadinya

    thank

  • alamendah says:
    2 Agustus 2010 15.13

    (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Tu, kan?. Tumbuhan2 kek gitu yang banyak tumbuh di sekitar kita ternyata mempunyai khasiat yang ampuh

  • blogger admin says:
    2 Agustus 2010 15.37

    aku belum tau adas sob bentuknya dan cara mendapatkannya

  • Aulawi Ahmad says:
    2 Agustus 2010 18.38

    wah bro atu ini lagi sibuk tenan ye, puisi2nye jadi obat tapi sangat manfaat hehehe

  • inge / cyber dreamer says:
    2 Agustus 2010 19.08

    pengobatan dengan yg tradisional emang lebih enak yah ^^

    have a nice day ^^

  • warcoff says:
    2 Agustus 2010 19.33

    lagi sibuk opo nih brother ?

  • fahrizal says:
    2 Agustus 2010 20.12

    nah ininih ... makasih infonya ...
    kalo boleh komen tentang tampilan template .... saya sarankan ganti lagi deh ... soalnya font sizenya kekecilan .... susah bacanya

  • Mood says:
    2 Agustus 2010 21.46

    Info yang bagus buat penderita magh nih.
    hank infonya.

  • catatan kecilku says:
    2 Agustus 2010 22.52

    Thanks banget ya utk infonya...

    Maaf baru sempat mampir setelah beberapa hari absen ngeblog.

  • the others... says:
    2 Agustus 2010 22.53

    Mengapa beberapa postingan terakhir tak bisa dikomen ya..?

  • dennis says:
    3 Agustus 2010 08.50

    good posting, sangat bermanfaat..

  • rawins says:
    3 Agustus 2010 11.03

    bagus neh... tapi nyari bahannya harus pulang kampung dulu neh kayaknya...

  • Yudie says:
    3 Agustus 2010 16.00

    waaah..
    saya emang ada sakit maag nih,
    apalagi bntar lagi puasa,'
    thanks infonya, membantu sekali, salam

  • joe says:
    3 Agustus 2010 18.32

    kalau yang ini dijamin tanpa efek samping ya gan...

  • Hatta Sy says:
    4 Agustus 2010 08.05

    jadi ingat delapan tahun yg lalu saat masih jadi mahasiswa di jakarta, akibat sering telat makan, aktifitas padat plus makan pedes2 ... sempat juga nyicipin rumah sakit selama seminggu ..
    banyak penyakit memang muncul dimulai dari cara makan kita ya
    ditunggu tips berikutnya mas .. suwun juga

  • Senja says:
    4 Agustus 2010 08.59

    makasih infonya buwel,maag saya memang sudah kronis...smg bisa dicoba ^^

  • busana muslim says:
    4 Agustus 2010 14.15

    wah.teryata obatnya ada di alam dan dekat dgn kita. hatur nuhun infona

  • genial says:
    5 Agustus 2010 02.33

    akhirnya bisa masuk sini juga setelah 2 postingan di tutup komengnya... semoga kawannya bang buw sekarang sudah agag baikan iia bang :)

  • Bejo says:
    5 Agustus 2010 02.49

    Muantap bang
    Sayangnya human lagi gak sakit maag

    Kalo mau download obat maag dimana ya? 4shared?

    hahaha
    salam human.hahaha
    sukses selalu

  • arie... says:
    5 Agustus 2010 08.07

    mantabz bro. . Thx ya

  • arie... says:
    5 Agustus 2010 08.07

    mantabz bro. . Thx ya